WAKTU

Senin, 16 November 2015

soal kelas 9 k13 b.indonesia



KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MALANG III
LEMBAR SOAL TRY OUT 1

Mata Pelajaran                      : BAHASA INDONESIA
Kelas                                       : IX
Hari, Tanggal                        : Rabu, 4 November 2015
Waktu                                    :  07.00 - 09.00 (120 menit)
 
Petunjuk Umum.
1.      Berdoalah sebelum dan sesudah mengerjakan soal!
2.      Tulislah identitas siswa pada lembar jawaban yang tersedia.
3.      Baca dengan teliti petunjuk dan cara mengerjakan soal.
4.      Laporkan kepada pengawas ruang apabila ada tulisan yang tidak jelas, rusak, atau kurang  jumlah lembar soalnya.
5.      Kerjakan soal yang dianggap paling mudah terlebih dahulu.
6.      Kerjakan pada lembar jawaban yang telah disediakan, dengan menggunakan pensil 2B.
7.      Periksa kembali jawaban, apabila telah selesai serahkan kepada pengawas ruang.

Petunjuk Khusus:
1.      Pilihlah jawaban yang tepat dengan menghitamkan bulatan jawaban A, B, C atau D pada lembar jawaban yang tersedia.
2.      Apabila ada jawaban  yang dianggap salah dan ingin memperbaikinya, hapuslah bulatan jawaban tersebut dengan bersih, kemudian hitamkan jawaban yang dianggap benar.
Contoh :    Jawaban semula          :  A      B         C         D
                        Dibetulkan  menjadi    :  A      B         C         D        

SELAMAT BEKERJA

Hitamkanlah bulatan pilihan huruf A, B,C atau Dyang dianggap paling benar pada lembar jawaban!



Bacalah teks berikut dengan cermat untuk mengerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
1.        Kupu-kupu merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau serangga bersayap sisik. Kupu-kupu umumnya aktif pada waktu siang. Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya. Kupu-kupu dewasa mampu hidup selama seminggu maupun hampir setahun tergantung pada spesiesnya. Kebanyakan spesies melalui tingkat larva yang agak lama dan ada yang mampu menjadi dorman ketika dalam tingkat pupa atau telur agar dapat mengarungi musim dingin.
Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…
A.  Hampir spesies kupu-kupu yang mampu menjadi dorman dapat mengarungi musim dingin.
B.   Kupu-kupu beristirahat atau  hinggap dengan menurunkan sayapnya.
C.   Kupu-kupu dewasa mampu hidup hampir 2 tahun.
D.  Kupu-kupu aktif pada malam hari.
2.        Dalam teks tersebut terdapat istilah kata spesies. Apakah makna istilah kata spesies?
A.  suku                             B. jenis                                    C. bangsa                                D. kelompok
3.        Kupu-kupu umumnya aktif pada waktu siang. Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya.
Maksud dari kalimat pernyataan tersebut adalah….
A.  Kupu-kupu aktif dan beristirahat dengan menurunkan sayapnya pada sing hari.
B.  Kupu-kupu dapat beristirahat pada malam hari dengan tidak menegakkan sayapnya.
C.  Kupu-kupu tidak melakukan aktifitas di malam hari, kupu-kupu dapat beristirahat dengan menurunkan sayapnya.
D.  Kupu-kupu biasa menjalankan aktifitasnya tidak pada malam hari, kupu-kupu hinggap dengan tidak menurunkan sayapnya.
4.        Perhatikan teks laporan berikut!
Rafflesia arnoldi bernama latin Raflessia arnoldii merupakan salah satu jenis tanaman langka yang hanya tumbuh di kawasan Sumatra bagian selatan, terutama di Provinsi Bengkulu. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Bengkulu pada tahun 1818, oleh seorang letnan dari Inggris, yang pada saat itu tengah menjabat sebagai Gubernur Bengkulu, Thomas Stamford Raffles dan Dr. Arnoldy, seorang ahli botani. Menurut berbagai ahli botani, bunga ini diidentifikasi sebagai bunga terbesar di dunia.
Bagian terbesar dari bunga ini adalah lima kelopak bunga yang mengelilingi bagian dalam, yang tampak seperti mulut gentong. Di dasar bagian yang seperti gentong ini, terdapat benang sari ataupun putik, bergantung pada jenis kelaminnya, rafflesia arnoldi jantan atau betina. Terpisahnya benang sari dan putik ini, membuat pembuahan bunga yang berbau busuk ini agak sulit. Dibutuhkan bantuan dari serangga, angin, ataupun air agar rafflesia arnoldi dapat berbunga.
Berdasarkan teks laporan tersebut bagian paragraf pertama merupakan….
A.  Paragraf deskripsi manfaat                                          C. Paragraf deskripsi bagian
B.  Paragraf klasifikasi umum                                           D. Paragraf penutup
5.        Elang jawa atau dalam nama ilmiahnya Spizaetus Bartelsi adalah salah satu spesies elang berukuran sedang yang endemik di Pulau Jawa. Satwa ini dianggap identik dengan lambang Negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia.
       Elang jawa bertubuh sedang sampai besar, langsing, dengan panjang tubuh antara 60-70 cm (dari ujung paruh hingga ujung ekor). Kepala berwarna cokelat kemerahan (kadru), dengan jambul yang tinggi menonjol (2-4 bulu, panjang hingga 12 cm) dan tengkuk yang cokelat kekuningan (kadang nampak keemasan bila terkena sinar matahari).
     Sebaran elang ini terbatas di Pulau Jawa, dari ujung barat (Taman Nasional Ujung Kulon) hingga ujung timur di Semenanjung Blambangan Purwo. Burung pemangsa ini berburu dari tempat bertenggernya di pohon-pohon tinggi dalam hutan.
     Dengan sigap dan tangkas menyergap aneka mangsanya yang berada di dahan pohon maupun yang di atas tanah, seperti berbagai jenis reptile, burung-burung sejenis walik, punai, dan bahkan ayam kampung. Elang jawa juga memangsa mamalia berukuran kecil sampai sedang seperti tupai, bajing, kalong, musang, dan anak monyet.
       Paragraf yang menyatakan deskripsi fisik elang jawa adalah paragraf…
A.    ke-4                                                                            C. ke-2
B.     ke-3                                                                            D. ke-1
6.        Beberapa pohon hias di taman sekolah tidak berbunga seperti tanaman sejenisnya. Padahal, tanaman tersebut setiap hari disiram dan tak pernah terlewat diberi pupuk. Setelah diamati ternyata tanaman tersebut tidak mendapatkan sinar matahari karena terhalang oleh pohon kayu besar yang ditanam di pinggir jalan raya.
Ringkasan yang tepat untuk kutipan laporan tersebut adalah….
A.  Pohon hias di taman sekolah selalu mendapatkan perwatan yang rutin.
B.  Pohon-pohon di taman sekolah selalu dirawat oleh petugas dengan disiplin.
C.  Sinar matahari selalu menyinari taman, tetapi tidak semua pohon merasakan.
D.  Beberapa pohon hias di taman sekolah tidak berbunga karena terhalang pohon yang lebih besar.
7.        Bacalah teks berikut dengan seksama!
     Vitamin D mempunyai manfaat yang sangat urgen bagi tubuh manusia. Vitamin D mutlak untuk menolong tubuh menyerap kalsium dari makanan, suplemen, serta kalsium pemabngun kesehatan tulang. Vitamin D juga bertindak mutlak mengirim pesan pada otak serta tiap-tiap sisi tubuh. Vitamin D juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin D bisa membantu menghindari penyakit spesifik.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah….
A.  Vitamin D mutlak dibutuhkan manusia.
B.  Vitamin D bagi kesehatan tubuh manusia.
C.  Manfaat urgen vitamin D bagi tubuh manusia.
D.  Vitamin D membantu menghindari penyakit spesifik.
8.        Perhatikan teks laporan berikut dengan cermat!
Lidah buaya termasuk keluarga lili.Tanaman ini banyak tumbuh liar di sebagian besar wilayah Afrika.Di daerah Madagaskar juga banyak ditemui lidah buaya dengan berbagai jenis.
     Lidah buaya memiliki gel aloevera yang berada di tengah tanaman yang berlendir. Daging lidah buaya, tipis, bening mirip jeli, dapat diproses atau dikeruk. Aloevera dapat mengobati luka bakar tingkat satu karena mempercepat penyembuhan. Gel ini juga memiliki reputasi sebagai kosmetik.
Ringkasan untuk teks tersebut yang tepat adalah…
A.    Lidah buaya banyak tumbuh di wilayah Afrika dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan serta kecantikan.
B.     Lidah buaya sangat berguna dan memiliki reputasi sebagai kosmetik dan tumbuh liar di pegunungan.
C.     Lidah buaya berguna untuk menyembuhkan luka bakar, getahnya diambil karena memiliki reputasi sebagai kosmetik.
D.    Lidah buaya memiliki berbagai kegunaan untuk kosmetik dan tumbuh liar di dataran tinggi.
9.        Pernyataan berikut yang menunjukkan ciri-ciri kebahasaan sebagai teks ulasan adalah….
A.  Sudah saatnya kita menghargai karya para pelukis muda, termasuk karya Rudi Astaman. Kita bisa menimbah pengalaman dari para pelukis muda.
B.  Apa pun alasannya, kita semua perlu menghargai karya seni, termasuk lukisan karya Rudi Astaman yang cukup menarik cara dan teknik lukisannya.
C.  Kita perlu mengunjungi pameran lukisan karya Rudi Astaman agar kita bisa banyak belajar dari pengalaman para penulis muda yang sangat kreatif.
D.  Lukisan karya Rudi Astaman benar-benar menarik. Selain berhasil memadukan komposisi warna, sapuan kuasnya terkesan lembut dan halus.
10.    Pernyataan berikut yang menunjukkan ciri-ciri kebahasaan sebagai teks ulasan dan teks eksposisi adalah….
Teks Ulasan
Teks Eksposisi
A.  Jika sejak kecil dibiasakan untuk mengapresiasi karya seni, kelak anak-anak akan berkembang menjadi sosok pribadi yang beradab dan berbudaya.
Nama seniman Indonesia mulai dikenal di dunia internasional seiring dengan kemajuan dunia pariwisata.
B.  Sebagai generasi muda, kita perlu meneladani sikap generasi tua yang sangat menghargai seni tradisional.
Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat apresiasi seseorang terhadap karya seni. Selain minat, juga dipengaruhi faktor lingkungan.
C.  Musik Indonesia sangat beragam karena banyaknya jumlah suku di Indonesia.
Cerpen karya Siska sebenarnya cukup bagus, sayangnya rimanya terkesan kurang diperhatikan.
D.  Puisi karya Feri Nainggolan cukup menarik. Selain menggunakan rima yang indah, diksinya juga dipilih dengan cermat.
Musik bisa merangsang syaraf otak menjadi lebih segar sehingga mampu meningkatkan kecerdasan emosional.

11.    Perhatikan teks prosedur berikut!
Menghilangkan Rasa Sakit karena Tertusuk Duri
1)   Ambillah sebatang serai kemudian memarkan sedikit.
2)   Celupkan batang serai ke dalam minyak kelapa.
3)   Lalu bakarlah di atas api sampai cukup panas.
4)   Tempelkan serai yang cukup panas tadi, pada bagian kaki yang tertusuk duri.
5)   Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang dan duri tersebut akan keluar dengan sendirinya.
Simpulan yang tepat terhadap hal yang tersirat dalam teks prosedur tersebut adalah….
A.    Batang serai dapat dijadikan obat alternatif penghilang rasa sakit akibat tertusuk duri.
B.     Rasa sakit akibat tertusuk duri hanya bisa hilang kalau diobati dengan batang serai.
C.     Batang serai mampu mengobati semua penyakit, termasuk akibat tertusuk duri.
D.    Semua rasa sakit dapat diobati dengan batang serai.
12.    Bacalah penggalan teks berikut!
(1)Secara umum, novel ini layak untuk dibaca. (2)Alur yang digunakan adalah campuran, yaitu maju dan mundur. (3)Sementara itu, setting cerita novel ini antara lain rumah Keke, sekolah, rumah sakit, dan juga beberapa potongan kejadian di sebuah villa. (4)Penulis menggunakan sudut pandang orang pertama. (5)Jadi, saat saat membaca buku ini seolah-olah sedang mendengarkan Keke bercerita kisahnya sendiri. (6)Adapun pemilihan bahasa yang dipakai penulis cukup ringan, sehingga novel ini bisa dibaca untuk umum. (7)Novel ini juga banyak menyisipkan nilai moral dan nilai agama. (8)Tentu hal ini merupakan pembelajaran yang baik bagi para pembaca.
Keunggulan novel dalam penggalan teks ulasan di atas terletak pada kalimat nomor…
A.    2, 6, 8                                                                         C. 1, 2, 3
B.     1, 7, 8                                                                         D. 4, 5, 6
13.  Bacalah penggalan teks berikut!
Di tempat lain, setengah jam bermobil jauhnya dari klinik, Romero sang legislator sudah semalaman begadang menyempurnakan daftar pertanyaan dengar pendapat yang akan ditayangkan langsung televisi swasta tempat Flayya bekerja. Sebagai anggota dewan yang lebih sering tampil di layar infotainment ketimbang menghadiri rapat komisi, Rom sangat paham bahwa acara ini sebuah kesempatan emas untuk menyepuh popularitas.
Makna denotatif kata bercetak tebal dalam penggalan cerpen di atas bermakna…
A.    Menjadi lebih tua
B.     Mempertajam pisau dengan menggunakan batu
C.     Menghaluskan sesuatu dengan batu apung dan batu pualam
D.    Menuakan warna emas dengan menggunakan sendawa dan tawas
14.  Bacalah penggalan teks berikut!
Tukang bendring itu mendatangi kampung kami ketika pagi menjelang siang, saat bapak-bapak kami sedang berada di tegalan. Dan ia, bagi kami serupa seorang istimewa, yang selalu kami tunggu kehadirannya. Tetapi, sekali lagi, tidak bagi ibuku.
Ya. Bagi ibuku, ia tak lebih dari sesosok hantu, yang selalu membuat ibuku ketakutan setiap mendengar suara sumbangnya melengking parau dari balik pintu. Entah, setiap kali ia datang, senantiasa menjadi ancaman bagi ibuku. Barangkali, karena utang ibu belum lunas hingga membuat ibu waswas. Atau ibu khawatir keinginan untuk berutang baju baru lagi tak terkendali.
Hal yang diceritakan penulis dalam penggalan cerpen di atas adalah…
A.    Ketakutan ibu karena anaknya menyukai tukang bendring
B.     Kehadiran tukang bendring yang menyebabkan ibu was-was dan khawatir
C.     Tukang bendring yang kehadirannya selalu dinantikan semua orang
D.    Ibu yang membenci tukang bendring


15.  Bacalah penggalan teks berikut!
Di sebuah hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka bernmama Kanca dan Manggut. Kedua ekor kancil itu bersaudara. Manggut adalah kakak Kanca. Walaupun mereka bersaudara, tetapi sifat mereka sangat berbeda. Kanca rajin dan baik hati. Sebaliknya, Manggut pemalas dan suka menjahili teman.
Suatu hari Manggut kelaparan. Akan tetapi Manggut malas mencari makanan. Akhirnya, Manggut mencuri makanan Kanca. Waktu Kanca menanyakan kepada Manggut di mana makanannya, Manggut menjawab dicuri tikus.
Unsur yang paling menonjol dalam penggalan teks di atas adalah…
A.    Penokohan                                                                 C. Latar
B.     Alur                                                                            D. Amanat
16.    Bacalah penggalan teks berikut!
Berita terpidana hukuman mati tewas di pedukuhan Astungkara beberapa jam menjelang eksekusi menjadi berita besar, disiarkan televisi berulang-ulang, merambat cepat lewat pesan singkat telepon seluler. Menjelang petang, gerombolan orang riuh di depan pedukuhan. Beberapa orang mengacungkan kelewang, selebihnya menggenggam batu yang diambil dari sungai, siap dilempar ke pondok. Ada yang mengacung-acungkan obor. ”Bakarrrrr…! Bunuhhhhh…!” jerit mereka galak berulang-ulang.
Kami gemetar, namun pasrah dan mencoba tenang. Sudah sejak lama berembus kabar, penghuni pedukuhan Astungkara tengah menekuni ajaran sesat. Orang-orang sangat meyakini itu karena yang datang ke tempat kami adalah kaum terbuang, manusia-manusia yang dikucilkan karena depresi menderita sakit tak tersembuhkan. Banyak yang dikenal sebagai pemadat, mantan preman, pemakai narkoba yang kemudian mengidap AIDS, sengsara menunggu ajal. Sekarang, para penuduh itu punya kesempatan melampiaskan amarah, berdesak-desak hiruk-pikuk sampai di tepi sungai, berteriak-teriak kasar menantang dan mengumbar bermacam tuduhan. Empat pemimpin mereka berdiri di pintu pagar pepohonan. Kami masuk bilik menemui guru yang duduk bersila di lantai.
Tahap peristiwa/alur yang ditunjukkan dalam penggalan teks di atas termasuk dalam tahap…
A.    Orientasi                                                                     C. Klimaks
B.     Komplikasi                                                                 D. Antiklimaks
17.    Bacalah penggalan teks berikut untuk soal nomor 17 dan 18!
Tiga jam berikutnya pemakaman Guru Kalip dimulai dengan tembakan salvo dan rangkaian acara kenegaraan. Wali Negeri menyampaikan belasungkawa yang disiarkan langsung oleh seluruh saluran televisi. ”Hari ini kita kehilangan sosok luar biasa yang selalu jujur dalam bicara dan bertindak. Negeri kita karam dalam duka mendadak yang lebih perih dari segala pedih penyebab sedih,” katanya dengan ekspresi seperti sedang berdeklamasi.
Makna kalimat bercetak tebal pada penggalan teks di atas adalah…
A.    Kesedihan yang mendalam karena ditinggalkan pemimpin
B.     Duka karena negeri yang dicintai telah karam
C.     Kesedihan yang mendalam karena orang yang dicintai telah pergi
D.    Duka karena ditinggal orang berjasa secara mendadak
18.  Nilai yang paling menonjol dalam penggalan teks di atas adalah…
A.    Budaya                                                                       C. Sosial
B.     Estetika                                                                      D. Moral
19.  Bacalah penggalan teks berikut!
Kucing pun segera turun. Beruang lalu segera memanjat dan ternyata dengan gampangnya ia dapat mencapai puncak pohon. Namun, sesampainya di atas, ia bingung untuk turun. “Cing, bagaimana cara turunnya?” tanya Beruang.
Belum sempat berkata apa-apa, tiba-tiba terlihat sosok serigala yang mengejar Kucing dari balik rimbunan semak belukar. Kucing pun segera berlari meninggalkan Beruang yang kebingungan.
Merasa dipermainkan, Beruang pun marah dan berkata, “Awas kamu, Cing! Tidak akan kumaafkan! Kamu akan selalu kuincar ranpa sisa! Bahkan, kotoranmu pun akan kumakan!” Beruang pun turun dengan menjatuhkan dirinya sambil tetap memeluk pohon. Oleh sebab itu, sampai sekarang jika Kucing buang kotoran, ia akan membuat lubang dan menutupnya kembali. Hal itu dilakukan agar kotorannya tidak dimakan Beruang. Sementara itu, Beruang bisa memanjat pohon, tetapi ketika turun ia akan memerosotkan badannya ke bawah.
Isi penggalan teks di atas adalah…
A.    Tipuan kucing kepada beruang
B.     Kepandaian kucing dalam memanjat pohon yang tak bisa ditandingi beruang
C.     Ketidaksengajaan kucing meninggalkan beruang yang berujung dendam
D.    Kecerobohan kucing dalam mengajari beruang memanjat
20.  Bacalah penggalan teks berikut ini!
Seekor anak anjing bertanya, “Mengapa kamu selalu berlari ke sana-kemari dengan loncengmu?”
“Ya, aku bangga pada lonceng di leherku. Tidak setiap anjing punya lonceng sepertiku.”
Pada suatu ketika anjing tua berkata kepada anjing berlonceng, ”Mengapa kamu selalu memamerkan diri dengan loncengmu?”
“Ya, karena tidak detiap anjing memiliki lonceng sepertiku”.
“Sebenarnya kamu harus malu pada loncengmu. Lonceng itu tidak patut kamu banggakan. Bahkan, itu aib. Sebenarnya majikanmu memberi lonceng itu agar orang berhati-hati dengan kehadiranmu. Lonceng itu adalah pemberitahuan kepada semua orang agar hati-hati dan waspada akan kedatanganmu karena kamu anjing yang tak tahu aturan dan sering menginggit tumit orang,” kata anjing tua.
Setelah mendengar hal itu, anjing berlonceng tidak mau lagi berlari-lari. Meskipun memakai lonceng, dia tidak berani lagi memamerkan loncengnya karena banyak anjing lain yang mengetahui aibnya.
Konflik dalam penggalan teks di atas disebabkan oleh…
A.    Kesombongan Anjing karena memiliki lonceng
B.     Anjing yang bangga karena memiliki lonceng pemberian tuannya
C.     Anjing yang salah sangka
D.    Hobi anjing yang suka berlari kesana kemari dengan loncengnya
21.  Perbedaan tahap alur antara cerpen dan fabel adalah

Cerpen
Fabel
A.
Orientasi, komplikasi, klimaks, koda
Orientasi, klimaks, reorientasi, koda
B.
Orientasi, komplikasi, klimaks, resolusi
Orientasi, komplikasi, resolusi, koda
C.
Komplikasi, klimaks, antiklimaks, penutup
Perkenalan, munculnya masalah, klimaks, reorientasi
D.
Orientasi, komplikasi, antiklimaks, resolusi
Orientasi, komplikasi, resolusi, koda

22.  Bacalah dua penggalan teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Jam meja memekik-mekik membangunkan Flayya. Tangannya yang selicin pualam itu bergerak spontan hendak mematikan alarm, melanjutkan kembara mimpi dari ranjang kamar apartemennya yang asri. Namun sel-sel otaknya mengingatkan ada pergantian jadwal siaran, sehingga dia harus siap di studio dalam waktu 60 menit ke depan.
Dahulu kala, nenek moyang kucing dan beruang adalah dua sahabat karib yang selalu berbagi. Ke mana-mana mereka selalu bersama pada suatu ketika, Beruang mengutarakan keinginannya untuk belajar memanjat kepada Kucing. Kucing pun menyanggupi permintaan beruang dan mencari pohon tinggi untuk Beruang.


Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks di atas adalah…

Teks 1
Teks 2
A.
Banyak istilah-istilah konotatif dalam menjelaskan suatu maksud
Menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti
B.
Menggunakan bahasa baku resmi
Menggunakan bahasa santai
C.
Menggunakan kalimat yang panjang untuk menyampaikan maksud
Kalimat pendek dan mudah dimengerti
D.
kalimat ringan dan mudah diserap
Kalimat panjang dan bertele-tele
23.  Bacalah kutipan teks berikut!
Hari sudah menjelang sore. Tentu, masih banyak orang mesti ia temui. Banyak rumah mesti ia kunjungi. Ke Brudin, salah satunya, yang tempo hari memesan kain kafan. Kasihan, desisnya, sambil memelankan langkahnya. Setelah melewati perbatasan kampung. Kini, ia tiba di sebuah pekarangan rumah Lastri. Ia pun tak heran ketika di beranda tak terlihat seseorang. Bukannya ini hari sudah sore?
Maka, sebagaimana sering Markoya lakukan setiap memasuki rumah seseorang, Parno berucap salam, lalu tanpa menunggu jawaban ia bergegas masuk, dan menuju langgar yang terletak di ujung barat, samping rumah utama.
Hal yang dapat diteladani dari tokoh Parno adalah…
A.    Kita harus selalu ingat tentang kematian
B.     Hendaknya memiliki totalitas dalam bekerja
C.     Kita harus mengucap salam ketika hendak masuk ke langgar
D.    Harus sigap dalam menghadapi berbagai macam tantangan kehidupan
Bacalah paragraf berikut!
24.    Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ...
      A.  Pilihlah kentang yang berukuran besar.                                                         
 B.  Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.
 C.  Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
 D.  Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
25.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)   Di sana kami disambut oleh puluhan anak-anak yang bekerja sebagai pemulung dan para   
pejabat setempat.
(2)   Tepat pukul 08.00 WIB kami bergerak dari sekolah ke permukiman di sekitar pembuangan 
akhir sampah.
(3) Suasana haru meliputi kami hingga derai air mata membasahi pipi.
(4) Setelah dilakukan upacara penyambutan, penyerahan sumbangan dilaksanakan secara
      sederhana.
(5) Perjalanan panjang pun dilakukan dan pada pukul 10.00 WIB rombongan tiba di lokasi.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf laporan yang baik dengan urutan….
A.  (1) – (3) – (2) – (5) – (4)                                              C. (3) – (4) – (1) – (2) – (5)
B.  (2) – (5) – (1) – (4) – (3)                                              D. (5) – (2) – (1) – (4) – (5)
26.    Bacalah kutipan teks biografi berikut!
1) Susi Susanti lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 11 Februari 1971. Ia memulai karir bulu  
     tangkis di klub milik pamannya, PB Tunas Tasikmalaya. Setelah berlatih selama tujuh tahun dan   
     memenangkan kejuaraan bulu tangkis tingkat junior, ia pindah ke Jakarta pada tahun 1985. Saat
     itu ia duduk di Kelas 2 Sekolah Menengah Pertama.
2) Uniknya, Alan Budikusuma yang merupakan pacarnya ketika itu, turut menjadi juara di tunggal
     putra. Mereka berhasil mengawinkan gelar juara tunggal putra dan putri bulu tangkis pada   
     Olimpiade Barcelona.
3) Puncak karier Susi terjadi pada tahun 1992. Pada saat itu ia menjadi juara tunggal putri cabang
     bulu tangkis di Olimpiade Barcelona, 1992. Susi menjadi peraih emas pertama bagi Indonesia di
     ajang Olimpiade.
4) Walaupun telah puluhan gelar tingkat internasional ia raih, ada satu sikap yang
     tidak pernah hilang dari diri Susi Susanti. Ia selalu bersikap rendah hati dan terus
     berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.
5) Saat masih aktif menjadi pemain, Susi selalu berusaha menjadikan dirinya sebagai contoh yang  
     baik bagi pemain lainnya.
6) Di Jakarta Susi tinggal di asrama dan bersekolah di sekolah khusus untuk atlet. Ia berlatih enam 
     hari dalam sepekan, Senin sampai dengan Sabtu, mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 11.00,   
     kemudian disambung lagi pukul 15.00 sampai dengan pukul 19.00.
     Susunan yang tepat atas kutipan teks cerita fabel acak di atas adalah ....
A.    1 - 4 - 6 - 2 - 5 – 3                                                 C. 1 - 4 - 5 - 2 - 6 - 3
B.     1 - 6 - 3 - 2 - 5 – 4                                                 D. 1 - 5 - 3 - 2 - 4 - 6
27.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Berbagai perkembangan yang terjadi di bidang teknologi informasi dalam beberapa tahun terakhir, hendaknya ditanggapi bukan dengan sikap cemas. Akan tetapi, justru harus dilihat dari sisi positifnya sambil menyiasati berbagai kemungkinan untuk ikut memetik keuntungan dari perkembangan masyarakat. Perkembangan ini, juga mengubah banyak hal dalam masyarakat, mulai dari gaya hidup, kecenderungan mental, dan pandangan hidup …
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf tersebut adalah ....
A.  Jadi, kita harus waspada terhadap berbagai pengaruh perkembangan.
B.  Hal ini, menunjukkan bahwa kita akan dipengaruhi oleh teknologi.
C.  Dapatlah dipastikan bahwa kita akan terperangkap oleh teknologi.
D.  Dengan begitu siapa tahu nasib kita dapat berubah menjadi lebih baik.
28.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!                                                                         
Sifat manusia ibarat padi. Ketika manusia itu meraih kepandaian, kebesaran, dan kekayaan seharusnya sifatnya seperti padi, menjadi rendah hati. Seperti padi yang berisi. Tangkainya akan merunduk. Sebaliknya, jika tidak berilmu, ia akan sombong, menegakkan kepalanya. Apabila padi itu kosong, ia akan berdiri tegak. Demikianlah manusia yang tidak berilmu ....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.  Sebaliknya, manusia menyadari terhadap kemampuan dan kelebihan yang dimilikinya
B.  Seharusnya manusia itu dapat menuntut ilmu setinggi-tingginya.
C.  Setiap orang harus bisa menghargai kepandaian dan kelebihan orang lain.
D.  Jadi, kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian hendaknya meniru sifat padi yang berisi.
29.    Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang    
             terluka basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
       (2) Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi  
             petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
       (3) Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
       (4) Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca   
             dan kelembaban tanah.
       (5) Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
       Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan...
       A. (1), (3), (2), (5), dan (4)
                                               C. (3), (1), (5), (2), dan (4)                                         
       B. (2), (1), (5), (4), dan (3)
                                               D. (4), (5), (1), (2), dan (3)
30.    Cermati urutan kalimat berikut!
(1) Pemilik kos harus bertindak tegas kepada mereka yang terlibat sebagai pengedar atau pengguna   
             narkoba yaitu mempersilakan meninggalkan tempat kos.
       (2) Masalah narkoba di kota besar tidak terlepas dari peran pemilik kos.
       (3) Di samping itu, mereka juga dapat terlepas dari hal-hal negatif yang menyesatkan.
       (4) Aturan tersebut diambil agar para pelajar dan mahasiswa dapat konsentrasi dalam belajar.
       (5) Sudah selayaknya jika para pemilik kos membuat aturan bahwa penghuni kosnya harus bebas 
             narkoba dan obat-obatan terlarang.
Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat-kalimat tersebut harus disusun dengan urutan ....
A. (2), (1), (3), (5), dan (4)
                                               C. (2), (1), (5), (4), dan (3)
B. (4), (1), (2), (3), dan (5)
                                               D. (4), (2), (1), (5), dan (3)
31.    Perhatikan data hasil kegiatan berikut!
Hasil Lomba Kebersihan Kelas
Masanega Tahun 2012
Juara I Kelas VII A Nilai 389
Juara II Kelas IX C Nilai 386
Juara III Kelas VIII B Nilai 368

Laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ...
A. Hasil lomba kebersihan kelas, Masanega Tahun 2012 adalah sebagai berikut. Kelas VII A   
mendapat  juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VIII B juara ketiga. Urutan nilainya
adalah 389, 386, dan 368.           
B. Secara berturut-turut hasil kebersihan kelas Masanega Tahun 2012 yaitu Kelas VII A     
            mendapat  juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VIII B juara ketiga. Dengan jumlah   
            perolehan  nilai 386, 389, dan 368.
       C. Selama lomba kebersihan kelas Masanega Tahun 2012 dapat dilaporkan sebagai berikut.Kelas   
            VII  A mendapat juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VIII B juara ketiga. Urutan   
            nilainya  adalah 386, 368, dan 389.
       D. Hasil lomba kebersihan kelas Masanega Tahun 2012adalah sebagai berikut. Kelas VIII B  
mendapat juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VII A juara ketiga. Perolehan nilainya adalah 389, 386, dan 368.
32.    Simak kutipan teks cerita fabel berikut
1)  Hari berganti hari. Setiap hari kura-kura merawat pohon pisangnya.
2)  "Ayo, kau di sebelah kanan aku di sebelah kiri," jawab kura-kura.
3)  "Tumbuh, tumbuhlah pohon pisangku," kura-kura bernyanyi riang.
 4)  Di tepi hutan hiduplah seekor monyet dan seekor kura-kura. Pada suatu hari, monyet mengajak     
             kura-kura menanam pohon pisang.
       5)  Monyet hanya melihat tingkah kura-kura sambil tiduran di rerumputan.
       6)  "Kura-kura, mari kita menanam pohon pisang," ajak monyet.
       Susunan yang tepat atas kutipan teks cerita fabel di atas adalah ....
       A. 4 - 2 - 3 - 1 - 5 – 6
                                           C. 4 - 1 - 3 - 2 - 5 - 6
       B. 4 - 6 - 2 - 1 - 3 – 5
                                           D. 4 - 6 - 3 - 2 - 1 – 5
33.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Ketika kami turun gunung, hujan salju bertambah lebat.
(2) Sungguh, pengalaman yang tak terlupakan.
(3) Kesempatan yang baik itu, kami abadikan.
(4) Pendakian itu kami lakukan, saat liburan kenaikan kelas.
(5) Maklum baru pertama kali, di sana kami melihat hujan salju.
(6) Perjalanan mendaki gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan.
Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah ...
A.       (6), (4), (2), (1), (3), (5)                                 C. (6), (5), (4), (3), (1), (2)
B.       (4), (3), (2), (5), (2), (1)                                 D. (4), (3), (2), (6), (5), (1)

34.    Bacalah secara saksama!
       Peraturan sekolah dibuat bukan untuk .... Namun, masih banyak siswa yang tidak ... hal tersebut.     
       Mereka lebih cenderung melakukan ... karena sanksi yang diberikan tergolong ringan.
       Kata berimbuhan yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.   dilanggar, pemahaman, pelanggara                              C. dilanggar, memahami, pelanggaran
B.   dilanggar, dipahami, pelanggaran                                D. dilanggarkan, paham, pelanggaran
35.    Suasana di bumi perkemahan, siang itu melihat ramai, berbeda dengan hari-hari berikutnya. Ratusan tenda berwarna-warni terpasang di lokasi itu. Sekelompok anak berpakaian Pramuka juga menampakkan kesibukannya, ada yang sedang mencuci piring, memasak nasi dan ada pula yang memperlakukan kegiatan lainnya.
Kata berimbuhan me- dalam paragraf tersebut yang perlu diperbaiki adalah....
A.    Melihat diubah terlihat, memperlakukan diganti melakukan.
B.     Menampakkan diubah tam paklah, mencuci diganti menyuci.
C.     Mencuci diubah cud, memperlakukan diganti melakukan.
D.    Terpasang diganti memasang, memasak diubah masak.
36.  Banyak penyandang cacat fisik yang ikut latihan keterampilan di Pusat Rehabilitasi Vokasional Bina Cibinong Bogor oleh orangtua mereka.
Perbaikan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut adalah.....
A.    diikutkan pelatihan                                          C. mengikuti latihan
B.     mengikuti pelatihan                                          D. ikut berlatih
37.  Ia duduk berimajinasi dengan sedih memikirkan nasib malang yang menimpa diri dan adiknya.
Kata berimajinasi pada kalimat tersebut kurang tepat penggunaannya, yang tepat adalah ...
A.    Terbayang                                                       C. merenung
B.     Menghayal                                                      D. terkesima
38.  Orang yang dapat dengan mudah tertulari virus penyakit HIV adalah remaja muda yang meninggalkan rumah pada usia 12 hingga 17 tahun dan kecanduan narkotik.
Penggunaan kata yang menyebabkan kalimat tersebut tidak efektif adalah....
A.    dapat, dengan, penyakit, remaja                     C. dapat, dengan, penyakit, muda
B.    dapat, penyakit, virus, muda                           D. dapat, penyakit, virus, remaja
39.  Sepulang sekolah, aku dan seorang temanku membeli buku di kedai. Aku baca buku baruku itu sambil duduk di pinggir jalan desa. Aku asyik membaca sampai terlambat pulang ke rumah.
Kata-kata yang harus dihilangkan agar kalimat pada paragraf tersebut efektif adalah....
A.  pulang, di kedai                                               C. ke rumah, di pinggir
B.  di kedai, ke rumah                                           D. pinggir, sampai
40.  Nella melamun beberapa saat. Kenangan masa lalunya muncul silih berganti. Ia besok akan menari. Dulu ibunya selalu mendampinginya di saat pentas seni. Situasi seperti itu sangat membahagiakan hatinya.
Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat....
A.    kedua                                                              C. keempat
B.     ketiga                                                              D.  kelima
41.           (1) Pada saat aku tiba di stasiun Tugu, kereta api sudah siap berangkat. (2) Petugas penjaga pintu peron sangatlah sopan. (3) Seorang petugas berseragam membantu membawakan barang-barangku dan mengatakan agar aku cepat naik. (4) Dengan senang hati kulakukan, kemudian aku cepat-cepat mencari nomor tempat duduk yang tertera di karcisku.
Kalimat tidak padu  dalam paragraf tersebut ditandai nomor.....
A.    (1)                                                                    C. (3)
B.     (2)                                                                    D. (4)
42.  Pedagang sayuran mengangkut dagangannya dengan menggunakan kendaraan umum. Agar cepat sampai ke tujuan, mereka menggunakan truk atau colt. Kacang tanah, buncis, dan terung merupakan dagangan mereka yang pokok. Sebagian besar sayuran itu dibeli dari para petani sayuran. Tak mengherankan apabila para petani kesulitan mencari pupuk kandang.
Urutan kalimat yang merupakan kalimat sumbang dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    Kedua                                                             C. keempat
B.     Ketiga                                                             D. kelima
43.  Kami datang agak terlambat. Dengan begitu kami tidak dapat mengikuti acara pertama.
Perbaikan kalimat tersebut agar efektif adalah...
A.    Kami datang agak terlambat, akibatnya kami tidak dapat mengikuti acara pertama.
B.    Kami datang agak terlambat. Oleh sebab itu kami tidak dapat mengikuti acara pertama
C.    Kami datang agak terlambat sehingga tidak dapat mengikuti acara pertama.
D.    Kami datang agak terlambat. Oleh karena itu, kami tidak dapat mengikuti acara pertama.
44.    Penulisan judul teks eksposisi berikut yang tepat adalah...
A.    Pemanfaatan Potensi  Panas Bumi di Indonesia
B.     Pemanfaatan Potensi  panas bumi di Indonesia
C.     Pemanfaatan potensi  panas bumi di Indonesia
D.    Pemanfaatan Potensi  Panas Bumi Di Indonesia
45.    Kain tenun songket berasal daripada kerajinan masyarakat desa sukarara memiliki motif yang amat sangat indah sekali.
Penulisan dan perbaikan kalimat tersebut yang benar adalah...
A.    Kain tenun songket berasal dari kerajinan masyarakat desa sukarara memiliki motif yang amat sangat indah sekali.
B.     Kain tenun songket berasal dari kerajinan masyarakat desa sukarara memiliki motif yang  indah sekali.
C.     Kain tenun songket berasal dari kerajinan masyarakat desa Sukarara memiliki motif yang  indah sekali.
D.    Kain tenun songket berasal dari kerajinan masyarakat Desa Sukarara memiliki motif yang  indah sekali.
46.    Penulisan deretan kata berikut yang sudah baku sesuai dengan EYD adalah...
A.    Mesjid, meterai, nasihat, metoda,  makhluk, putra,  praktik, dan nomer
B.     Masjid, meterai, nasehat, metode, makhluk, putera, praktik, dan nomor
C.     Masjid, meterai, nasihat, metode, makhluk, putra, praktik, dan nomor
D.    Mesjid, materai, nsehat, metoda, mahluk, putera, praktek, dan nomor

47.    Kita harus mencintai dan menggunakan product-product dalam negeri. Dengan menggunakan product Indonesia ini, secara tidak langsung kita sudah membantu keberlangsungan hidup UKM di Indonesia. Hal ini tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan perekonomian di Indonesia.
Penulisan kata product dalam teks tersebut tergolong pada penulisan ejaan yang tidak baku. Alasan ketidak bakuan tersebut adalah....
A.    Karena tidak menggunakan huruf  besar        C. Karena terpengaruh bahasa asing
B.     Karena pengaruh dari bahasa jawa                  D. Karena tidak diberi imbuhan (prefik)

(1)Batang jagung tegak dan mudah terlihat, tetapi tidak seperti padi atau gandum. (2) Batangnya, beruas-ruas. (3)Ruas terbungkus pelepah daun, yang muncul dari buku-buku. (4)Batang jagung cukup kokoh, dan tidak banyak mengandung lignin.
48.     Kalimat yang ditulis dengan tanda baca koma yang benar adalah…
A.  Kalimat ke-1                                                   C. Kalimat ke-2          
B.   Kalimat ke-3                                                   D. Kalimat ke-4
49.    Ibu pergi kepasar membeli  sayuran wortel, bayam, dan kol.
Kalimat di atas masih terdapat kesalahan. Alasan kesalahan tersebut yang paling tepat adalah .....
A.    Kurangnya tanda titik dua setelah kata sayuran, karena menyebutkan hal yang umum diikuti uraian
B.     Kurangnya tanda koma setelah kata sayuran, agar sama dengan uraian sesudahnya
C.     Kurangnya tanda titik setelah kata sayuran, karena kalimat itu sudah lengkap strukturnya
D.    Kurangnya tanda titik koma setelah kata sayuran, karena kalimat tersebut terdiri dari dua klausa
50.    (1) Anak adalah tumpuan masa depan keluarga. (2) Dengan demikian wajarlah orang tua berusaha membentuk anaknya sesuai dengan keinginannya.(3) Belum tentu keinginan orang tua sesuai dengan tumbuh kembang anak. (4) Orang tua harus menyikapi proses tumbuh- kembang anak dengan benar sehingga anak dapat mengembangkan potensinya dengan optimal.
Tanda baca koma (,) seharusnya digunakan dalam kalimat nomor...
A.  (1)                                B. (2)                           C. (3)                           D. (4)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar