WAKTU

Sabtu, 23 Juni 2012

perkembangan peserta didik


Perkembangan bahasa  peserta didik usia sekolah menengah (Remaja)

1. Pengertian perkembangan bahasa
            Sesuai dengan fungsinya,bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan seseorang dalam pergaulan atau berhubungan dengan orang lain. Bahasa  merupakan alat pergaulan. Perkembangan bahasa terkait dengan perkembangan kognitif, yang berarti factor intelegensi sangat berpengaruh terhadap perkembangan  kemampuan bahasa.

2. karakteristik perkembangan bahasa remaja
            Pola bahasa yang dimiliki dan dikuasai anak adalah bahasa yang berkembang dalam keluarga, yang disebut bahasa ibu.
Bahasa ibu dilengkapi dan diperkaya oleh bahasa masyarakat setempat. Proses pembentukan kepribadian yang dihasilkan dari pergaulan dengan masyarakat sekitar akan memberi cirri khusus dalam perilaku berbahasa.

3. factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa
            Perkembangan bahasa seseorang di pengaruhi oleh beberapa factor berikut ini.
  1. factor umur
  2. factor kondisilingkungan
  3. factor kecerdasan
  4. factor kondisi fisik
  5. status social ekonomi

4. pengaruh kemampuan bahasa terhadap kemampuan berfikir
            Kemampuan berfikir berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa, dan demikian sebaliknya. Menyampaikan dan menangkap ide gagasan adalah proses  berfikir yang abstrak

5. perkembangan emosi peserta didik usia sekolah menengah (remaja)
1.1 pengertian emosi
            Perilaku kita sehari-hari pada umumnya di warnai oleh perasaan-perasaan tertentu, seperti senang,tidak senang,suka atau tidak suka,sedih atau gembira. Perasaan yang selalu menyertai kehidupan kita sehari-hari disebut dengan warna efektif. Warna efektif itu kadang-kadang kuat,kadang lemah, kadang juga tidak jelas.
Apabila warna efektif tersebut kuat, proses seperti itu dinamakan emosi (sarlito,1982:59).
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar